Gunung Dempo Kota, Pagar Alam – Sumatra Selatan – Indonesia


A. Selayang Pandang

Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatra Selatan, yakni setinggi 3.195 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung Dempo tergolong sebagai gunung berapi aktif dan masih sering mengeluarkan asap dengan menyemburkan sedikit lumpur ke dataran rendah di bawahnya. Gunung ini masuk dalam jajaran Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki dua puncak, yaitu Gunung Dempo dan Gunung Marapi.
B. Keistimewaan

Kawasan Gunung Dempo merupakan satu-satunya lokasi wisata gunung di Sumatra Selatan. Di kawasan hutan menuju puncak Gunung Dempo terdapat sungai kecil dengan airnya yang jernih. Para pendaki dapat memanfaatkan air sungai ini sebagai air minum selama perjalanan. Untuk mendaki, pengunjung harus melalui kawasan hutan dengan menelusuri jalan setapak yang dipenuhi dengan akar-akar pepohonan besar yang melintang. Keadaan hutan ini lebat dan sunyi, sehingga sesekali dapat didengar suara kicauan burung-burung.

Dari ketinggian tertentu, pengunjung dapat menyaksikan hamparan kebun teh yang hijau. Kebun teh seluas 1.500 hektar tersebut merupakan milik PT Perkebunan Nusantara PTPN VII. Jika pengunjung melihat lebih jauh akan tampak Kota Pagar Alam. Panorama ini akan lebih indah lagi jika dilihat pada malam hari, karena akan terlihat gemerlapan lampu yang menghiasi Kota Pagar Alam.
C. Lokasi

Gunung Dempo terletak di Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan.
D. Akses

Gunung Dempo terletak sekitar 310 km sebelah barat Kota Palembang. Untuk mencapai gunung ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bus menuju ke Kota Pagar Alam dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. Dari Terminal Pagar Alam, pengunjung dapat menuju ke kaki Gunung Dempo yang jaraknya sekitar 15 km dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun carteran menuju ke Pabrik Teh PTPN III. Di dekat pabrik teh ini, ada baiknya pengunjung menemui sesepuh Gunung Dempo, yaitu orang yang dituakan oleh para pencinta alam yang akan mendaki Gunung Dempo. Beliau akan mengantar pengunjung ke desa terdekat dari kaki Gunung Dempo, yaitu Kampung Empat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dari tempat ini, pengunjung dapat meneruskan perjalanan melalui jalan setapak menuju ke Puncak Gunung Dempo.
E. Harga Tiket

Untuk mendaki Gunung Dempo tidak dipungut biaya.
F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Jika para pengunjung atau pendaki ingin menginap, ada fasilitas seperti vila, losmen, motel, dan warung makan di sekitar kaki Gunung Dempo.

Perihal wisata indonesia raya
enterpreneur

2 Responses to Gunung Dempo Kota, Pagar Alam – Sumatra Selatan – Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: